Pages

 

Rabu, 19 November 2014

PERCOBAAN SEDERHANA : ENERGI ALTERNATIF

0 komentar
Berikut beberapa desain percobaan sederhana mengenai energi alternatif yang jika dikembangkan bisa juga diterapkan pada pembelajaran di sekolah-sekolah lanjutan atau sebagai pameran kepada masyarakat luas agar bisa lebih dikembangkan lagi. Percobaan ini saya kutip dari blog http://sobatsepeda.wordpress.com, meskipun sudah diposting sejak tahun 2012 lalu, namun isinya menarik untuk diposting ulang.
Berikut percobaan sederhana mengenai energi alternatif menggunakan berbagai sumber energi/tenaga, diantaranya :
1. Tenaga gelombang
Desain gambarnya adalah sebagai berikut :
Dengan menekan knop merah untuk membuat gelombang pada permukaan air. Bola, Pelampung berwarna abu-abu naik turun. Yang menyebabkan sebuah magnet berwarna merah dan biru bergerak terhadap sebuah kumparan kawat tembaga, di sini dihasilkan listrik dengan tegangan AC yang diindikasikan dengan kawat analog dan sebuah Milliameter. Versi ini dibuat sepanjang 90 cm, yang cocok untuk media peraga dalam sebuah kelas science bahkan dibawa kemana-mana sebagai media eksibis sebuah expo atau pameran.

2.Tenaga air
Desain gambarnya adalah sebagai berikut :




Menggunakan tuas merah untuk memompa air dari bejana bawah menuju bejana atas. Ketika air sudah sampai ke atas akan secara otomatis mengaliri bilah kincir air dan generator kecil tersambung dengan sebuah miliammeter analog. Alat peraga ini juga sangat sesuai digunakan dalam sebuah kelas science adik-adik sekolah lanjutan, atau untuk sarana pameran atau eksibisi dari kota kekota lainnya.

3. Tenaga Angin
Desain gambarnya yang pertama adalah sebagai berikut :


Alat ini sangat sederhana. Bundar, permukaan meja mini namun cukup interaktif, dimana tantangannya adalah mendesain sebuah kincir angin yang sangat efisien. Digunakan gunting untuk memotong dan membuat bilah kincir sendiri yang terbuat dari lembaran plastik karbonet (Correx plastic) atau yang biasanya berbentuk kardus kemasan yang sudah tidak terpakai dapat didaur ulang untuk penggunaan seperti ini. Enam batang kuningan halus ditanamkan pada hub(poros) kincir angin dan sangat mudah di selipkan pada tepian plastik karbonet yang berfungsi sebagai bilah kincir. Untuk membuat kincir angin agar berputar secepat yang diinginkan, dapat dilakukan dengan penyesuaian sudut, bentuk dan ukuran dari baling-baling itu sendiri, serta jumlah bilah baling-baling.
Gambar desain kedua yaitu sebagai berikut :

Angin datang dari kipas angin listrik di depannya kali ini memakai kipas angin sincronous, yang dioperasikan melalui sebuah tombol tekan dan tersambung dengan aman  terhadap catu daya berdaya rendah. Versi yang lebih besar dimana kincir angin yang dilengkapi dengan generator kecil tersambung dengan sebuah milliameter yang cukup sensitif.


4. generator sederhana


Dapatkan anda membuat arus listrik dengan cara menggerakkan sebuah magnet didekat sebuah kumparan ?
Anda akan menutup rangkain dengan menggunakan kawat kendor.
dioda hitam kecil didekat kawat kendor tersebut yang membuat arus mengalir dalam satu arah. Apakah perbedaannya apabila anda menyentuh kawat yang terpasang pada skrup dengan yang ada pada ujung dioda?


5. Heat pump & tenaga listrik
Heat pump mini-interaktif membuat setengah bagian tangan anda hangat dan sebagian lagi dingin , tergantung ke arah mana engkol di atas anda putar. perangkat di atas dilengkapi dengan dua sel Peltier.
Arus listrik mini-interaktif yang dihasilkan menyalakan lampu yang dipilih , melalui saklar tekan. Semakin kuat putaran engkol maka semakin terang lampu akan menyala. akan tetapi jika diubah dengan LED dengan efisiensi yang jauh lebih tinggi maka akan menghasilkan cahaya jauh lebih terang dengan tenaga engkol jauh lebih ringan. rangkaian ini juga dilengkapi sebuah ammeter analog.

6. panel Photovoltaic 

Dengan menyentuhkan tangan keatas permukaan panel Photovoltaic yang dipasang pada atap rumah model , dapat dilihat pembacaan ammeter ayng berbeda-beda dan kecepatan putar yang dihasilkan oleh model.

Implikasi: Berbagai alat peraga diatas tentunya sangat berguna bagi adik-adik kita yang berada disekolah lanjutan untuk mempelajari teori dasar berbagai energi alternatif yang telah ada dan sedang dikembangkan didunia industri sekarang ini. Semua perlu pengembangan dan disisi lain perlu adanya pembelajaran. bangsa yang sukses bukanlah bangsa yang tidak pernah mengalami kegagalan. terus mencoba dan pantang putus asa(wicak)

Sumber :
http://sobatsepeda.wordpress.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Total Pageviews (01/03/2012)